Cara Mengatur Waktu Pemakaian Smartphone Agar Tidak Merugikan Kita !


Selain waktu yang terbuang sia-sia, ada juga kesibukan psikologis yang timbul karena terlalu banyak menghabiskan waktu menggunakan ponsel Anda. Beberapa penelitian telah menunjukkan media sosial dapat berakibat buruk bagi kesehatan mental Anda, dan Facebook mengakui tahun lalu bahwa penggunaan pasif jejaring sosialnya dapat membuat orang dalam mood negatif. Para peneliti masih mencoba mencari tahu apa efek jangka panjang yang menyalurkan begitu banyak waktu dan energi ke perangkat pintar yang satu ini.


Beberapa investor besar bahkan mendesak Apple untuk mengembangkan alat-alat baru untuk membantu pengguna mengurangi kecanduan ponsel mereka, dengan mengatakan bahwa perasaan ketergantungan buruk bagi kesehatan jangka panjang.

Untungnya, Anda tidak perlu menunggu untuk Apple, vivo & smartphone lain nya untuk mengeluarkan alat canggih pengurang rasa kecanduan terhadap smartphone - Anda bisa menjadi lebih sadar tentang bagaimana Anda menggunakan ponsel Anda. Jika Anda mendambakan lebih banyak langkah konkret untuk mengurangi penggunaan Anda daripada hanya, "Saya akan lebih sedikit menggunakan Facebook," atau "Saya tidak akan memeriksa Snapchat selama bekerja," berikut adalah beberapa tips sederhana untuk membantu memprogram ulang perilaku Anda:

Buat Jadwal Anda

Langkah paling dasar yang disarankan Rosen untuk menyapih diri dari ponsel Anda adalah dengan mengatur alarm yang menentukan seberapa sering Anda dapat memeriksanya. Mulai dengan setiap 15 menit, lalu pindah ke setiap setengah jam, setiap 45 menit, atau setiap jam. Ketika alarm Anda berbunyi, luangkan satu menit untuk memeriksa setiap dan semua notifikasi dan kemudian reset timer.

Untuk mengurangi kecemasan-respons dan meminta pertanggungjawaban diri sendiri, Rosen menyarankan untuk memberi tahu teman atau keluarga dekat bahwa Anda mungkin tidak merespons pesan mereka secepat dulu.

Nonaktifkan sebanyak mungkin pemberitahuan

Anda tidak perlu terganggu oleh setiap "suka" yang diterima gambar Instagram terbaru Anda atau dengan pesan bahwa podcast favorit Anda baru saja merilis episode baru.

Cara yang sangat sederhana untuk mengurangi gangguan adalah mematikan notifikasi push untuk sebanyak mungkin aplikasi. Cukup buka Pengaturan> Pemberitahuan untuk mengontrol preferensi Anda. Secara pribadi, saya hanya membiarkan pemberitahuan untuk email, pesan aplikasi obrolan, kalender saya, dan aplikasi utilitas seperti Lyft atau GetAround, yang hanya aktif ketika saya menggunakannya.

Hapus aplikasi yang mengganggu dari layar beranda Anda

"Banyak [penggunaan telepon] adalah perilaku tidak sadar," menurut Rosen. "Anda beralih dari Facebook ke Instagram, ke memeriksa cuaca, ke teks."

Tetapi jika Anda harus secara khusus mencari aplikasi untuk menggunakannya, Anda akan mengurangi waktu "kebetulan" yang menyebalkan yang terjadi ketika Anda baru saja mulai mengetuk ponsel Anda.

Pertahankan aplikasi yang ingin Anda dorong untuk digunakan - seperti aplikasi untuk membaca atau mempelajari bahasa baru - di depan dan tengah, tetapi singkirkan segala sesuatu yang Anda ingin batasi waktu Anda dengan folder di halaman kedua aplikasi Anda (atau jika Anda memiliki sebuah ponsel Android, dari layar sepenuhnya).

Untuk melangkah lebih jauh, Anda bahkan dapat menghapus aplikasi tertentu seperti Facebook atau Twitter sepenuhnya dan menurunkan penggunaan Anda ke browser web ponsel cerdas Anda.

Tendang perangkat Anda dari tempat tidur

Jangan biarkan ponsel Anda menjadi hal terakhir yang Anda lihat di malam hari dan hal pertama yang Anda periksa di pagi hari. Dengan menggunakan jam alarm biasa dan mengisi daya ponsel Anda di luar jangkauan, Anda tidak akan tergoda untuk memulai hari Anda dengan mendapatkan pusaran ke dalam longsoran pesan dan pembaruan.

Comments