Apakah Penyebab Terjadinya Tremor


Penyebab tremor masih belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan karena aktifitas yang abnormal listrik otak yang menyebabkan tremor diproses oleh thalamus. thalamus merupakan struktur didalam otak yang mengkoordinasikan dan mengendalikan aktifitas otot.

Tremor merupakan gangguan saraf yang ditandai dengan getaran yang tidak terkendali dan tanpa disengaja. Bagian tubuh yang umumnya mengalami tremor adalah tangan, lengan, kepala, laring, lidah, dan dagu. Tubuh bagian bawah jarang mengalami tremor.

Tremor bukan gangguan yang dapat mengancam jiwa. Umumnya orang yang mengalami tremor dapat menjalani hidup secara normal meskipun terkadang mengalami kesulitan dalam melakukan beberapa aktifitas sehari-hari.

Apakah tremor sama dengan penyakit parkinson?

Banyak orang menganggap tremor adalah sama dengan penyakit parkinson, namun keduanya merupakan dua gangguan yang berbeda. Berikut beberapa perbedaan antara tremor dan parkinson: 
Periode terjadinya getaran
Pada penderita tremor, getaran terjadi biasanya saat sedang menggunakan tangan. Pada penderita parkinson, getaran terjadi ketika bagian tubuh saat tidak bergerak atau istirahat. 
Komplikasi penyakit
Tremor tidak dapat menyebabkan masalah kesehatan lain. Namun, penyakit parkinson dapat menyebabkan perubahan postur menjadi bungkuk, gerakan lambat, dan perubahan cara berjalan. Namun, pada orang dengan tremor dapat mengalami tanda dan gejala neurologis lainnya seperti perubahan cara berjalan. 
Bagian tubuh yang terkena
Pada penderita tremor, bagian tubuh yang terkena umumnya adalah tangan, kepala, dan suara. Pada penderita penyakit parkinson umumnya terjadi pada tangan dan dapat mempengaruhi kaki, dagu, dan bagian tubuh lainnya. 

Bagaimana tanda dan gejala terjadinya tremor?

Gejala yang paling sering terjadi pada penderita tremor seperti: 
Mengalami getaran yang tidak terkendali dalam periode yang singkat 
Suara yang gemetar 
Kepala sering mengalami gerakan mengangguk 
Tremor memburuk selama mengalami stress emosional 
Tremor memburuk dengan gerakan yang disengaja 
Tremor yang berkurang ketika beristirahat 
Mengalami masalah keseimbangan 

Apakah penyebab terjadinya tremor?

Penyebab tremor masih belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan karena aktifitas yang abnormal pada listrik otak yang menyebabkan tremor diproses oleh thalamus. Thalamus merupakan struktur didalam otak yang mengkoordinasikan dan mengendalikan aktifitas otot. Salah satu penyebab tremor adalah faktor genetika. Seseorang yang lahir dari orang tua yang menderita tremor memiliki faktor resiko sebesar 50% untuk dapat mengalami tremor.

Bagaimana penanganan tremor?

Pada beberapa kasus, tremor tidak membutuhkan penanganan atau terapi pengobatan. Tetapi jika getaran dapat menyebabkan kesusahan bekerja atau beraktifitas maka perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi getaran atau tremor: 
Hindari konsumsi kafein. Kafein dan senyawa lain yang berfungsi sebagai stimulator dapat meningkatkan tremor. 
Hindari konsumsi alkohol. 
Meminimalisasi stress. Stress dan kecemasan cenderung menyebabkan tremor menjadi lebh buruk. Membuat tubuh untuk rileks dapat mengurangi terjadinya getaran. 
Mengubah kebiasaan. Gunakan tangan yang tidak terlalu mengalami tremor untuk beraktifitas. 

Apakah tremor dapat disembuhkan?

Belum ada obat untuk menyembuhkan tremor, namun dapat dilakukan terapi pengobatan untuk mengurangi terjadinya getaran dan membantu meningkatkan kualitas hidup. Berkonsultasilah dengan dokter untuk terapi pengobatan dan perubahan gaya hidup sehingga dapat membantu mengurangi terjadinya getaran.


Comments